5 Pantai yang dekat dari Pangkalpinang


Pangkalpinang merupakan pusat pemerintahan wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain pusat pemerintahan, Pangkalpinang juga merupakan pusat aktivitas bisnis/perdagangan dan industri di Bangka Belitung. Jika yang penat dengan keramaian Kota Pangkalpinang ketika menghabiskan akhir pekan, barangkali pantai - pantai yang letaknya tidak jauh dari pusat kota bisa menjadi pilihan untuk melepas lelah, entah hanya untuk sekedar duduk sambil menyeruput es kelapa muda, jalan - jalan sore, bahkan berenang. Jika berkunjung ke Pangkalpinang, pantai pantai ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu.

1. Pantai Pasirpadi

Berada sekitar delapan kilometer dari pusat kota Pangkalpinang tepatnya di kelurahan air itam, pantai ini memiliki garis pantai cukup panjang. Untuk masuk kesini dikenakan tiket masuk dua ribu rupiah untuk sepeda motor dan empat ribu rupiah untuk mobil. Lebih baik pergi dengan menggunakan sepeda motor jika akhir pekan, karena jalan di pesisir pantai terlalu kecil jika menggunakan mobil, dan akan menghabiskan waktu jika harus terjebak macet.


2. Pantai Tanjung Bunga

Tidak jauh dari Pantai Pasir padi, pantai Tanjung Bunga juga masih satu garis pantai dengan Pasir Padi. Letaknya pun sama di Kelurahan Air Itam. Jika masuk melalui Gerbang Pantai Pasir Padi, berbeloklah ke arah kanan, Pantai Tanjung Bunga terletak di selatan pantai pasir padi. Batu - batu yang terhampar di pesisir berpadu dengan teduhnya pohon - pohon yang menghadirkan angin sepoi - sepoi membuat tenang ketika berkunjung ke pantai ini.

3. Pantai Tikus

Pantai ini sudah berada di luar Kota Pangkalpinang, tapi masih dapat dijangkau dengan mudah. Letaknya di Kabupaten Bangka, hanya memerlukan waktu kurang lebih empat puluh lima menit dari pusat kota untuk menuju kesini, berdekatan dengan tujuan wisata religi Puri Tri Agung. Tidak ada pungutan tiket masuk menuju pantai ini. Naiklah ke kawasan Puri Tri Agung dan nikmati pemandangan pantai yang cantik ini dari ketinggian.


4. Pantai Temberan

Sebelum ke Pantai Tikus, mampir lah sebentar ke Pantai Temberan. Letaknya hanya sekitar tiga puluh menit dari pusat kota Pangkalpinang. Tepatnya di desa Air Anyir Kabupaten Bangka. Pohon pinus yang tumbuh di sekitar pesisir pantai membuat pinggiran pantai ini menjadi teduh. Pondok - pondok kecil dibangun menghadap ke laut, cukup dengan biaya tiga puluh lima ribu rupiah, pondok yang beratapkan daun rumbia sudah bisa di tempati sepanjang hari.

5. Pantai Telapak Antu

Sebenarnya pantai ini sudah masuk wilayah teritori Bangka Tengah. Tetapi cukup terjangkau dari pusat kota Pangkalpinang. Letaknya di desa Batu Belubang Kabupaten Bangka Tengah. Beberapa menit saja dari pantai Pasirpadi. Dinamakan pantai telapak antu karena di salah satu batu di pantai ini terdapat sebuah jejak kaki yang berukuran lebih besar dari kaki manusia biasa. Usut punya usut jejak kaki ini merupakan salah satu jejak kaki Akek Antak yang pernah hidup di Pulau Bangka.


Tak perlu waktu berjam - jam untuk mengunjungi pantai - pantai tersebut. Bagaimana tertarik?

4 komentar:

  1. Wah banyak juga pilihan pantai-pantai di Bangka ya, kalau misalnya kelak bingung sudah khatamin Belitung hahaha.

    Kalau boleh saran Mas Arie, sempatkan kembali ke kelima pantai ini ketika cuaca cerah, antara pukul 08.00-10.00 supaya mendapatkan langit biru yang cerah, sehingga mengesankan suasana pantai yang terang dan ceria. Atau kalau misalnya ada salah satu pantai yang merupakan spot nyunset, juga dipotret lalu ditulis ulang. Insya Allah hasilnya akan lain, ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okeh Mas Rifqy, soalnya nggak punya stok foto lain ini.hehe. Terimakasih sarannya mas. :)

      Hapus
  2. Walaupun gak sebagus pantai2 di Belitung, tapi lumayan juga nih buat santai dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari kota..

    Salam kenal.. Kalau berkenan mohon sarannya di blog newbie --> http://barrabaa.blogspot.co.id/ thank you :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini hanya pantai - pantai yang dekat dengan Pangkalpinang. Kecantikan Pantai di Pulau Bangka nggak kalah kok dengan Belitung, cuma memang sedikit jauh dari Pangkalpinang.

      Salam kenal, blognya juga bagus. Yang penting tetap konsisten menulis ya. :)
      Terimakasih sudah mampir :)

      Hapus

 
//