3D2N in Palembang

Ampera Malam hari @arieokta17
"Apa bai yang ade di Palembang?" sebuah pertanyaan dengan logat bahasa bangka keluar dari mulutku ketika teman-teman  kuliah mengajak untuk mengisi liburan 3 hari 2 malam di Palembang.
Saya pun browsing di internet mengenai Kota Palembang yang terkenal dengan empek-empeknya, dan saya menemukan sebuah blog yang menceritakan pengalaman penulis dikota Palembang dan membuat saya tertarik untuk ikut teman-teman berlibur ke kota Palembang. Teman saya bilang, "udah ikut aja, sekali-sekali, aku belum pernah ke palembang", saya pun berpikir, mungkin ada benar kata teman saya, "sekali-sekali", "belum pernah" kata tersebut menjadi kesamaan kondisi dengan yang saya alami, dimana sangat sulit mencari waktu kosong agar bisa pergi berlibur sehingga memunculkan konteks kata "sekali-sekali" , dan kata "belum pernah" membangkitkan semangat karena memang saya belum pernah berkunjung ke kota Palembang, meskipun masih tetangga dengan Pulau Bangka.
Akhirnya saya setuju untuk ikut bersama mereka menuju kota Palembang yang saat itu katanya sedang dipenuhi kabut asap, dan saya tidak menghiraukan hal itu.

H1
Dan hari yang ditunggu pun tiba, tanggal 24 Oktober 2014, setelah selesai Shalat jum'at saya berangkat ke bandara Depati Amir Pangkalpinang menuju bandara Sultan Mahmud Badarudin Palembang. Perjalanan ke dari Pangkalpinang menuju Palembang memakan waktu lebih kurang 25 menit, begitu kata sang Pramugari. #cihuy... Nggak kerasa terbangnya kalo cuma 25 menit.hahaha

Ketika sampai di Palembang, saya dan teman-teman kuliah dijemput salah seorang teman yang sudah lebih dulu sampai di Palembang. Kemudian menuju ke Hotel yang berada di sekitar Palembang Indah Mall. Lebih tepatnya Emilia Hotel by Amazing

Sempat beristirahat dan menunaikan Ibadah Shalat maghrib, saya beserta teman keluar untuk makan malam, dan menu malam pertama di Palembang adalah makanan khas Palembang "empek-empek" dan tempat yang jadi tujuannya empek-empek "VICO" terkenal dengan es kacangnya. Setelah selesai makan, kemudian dilanjutkan dengan nonton Bioskop, maklum di Bangka belum ada bioskop :(

H2
Bangun pagi-pagi, mandi, sarapan, balik lagi, nonton TV sampe jam 10, terus Checkout. Cukuplah mengistirahatkan tubuh untuk seharian keliling kota Palembang. Setelah Checkout tujuan selanjutnya ke Palembang Icon, terus ke PTC, terus lagi makan. Setelah itu pulang. Janjian sama temen yang kuliah di PGRI Palembang ngajakin keliling Palembang, karena kurang tau wilayah Palembang, akhirnya janjian ketemu di Palembang Icon, dan saya pun jalan kaki dari Kosan menuju Palembang Icon, deket kok. :D . Untung-untung mata ini masih sehat jadi bisa keliatan sama temen yang dari kejauhan.hehe
Dan start keliling Palembang jam 16.30 WIB pake sepeda motor biar bisa leluasa nerobos kemacetan di Palembang.hehe, tujuannya kawasan Jakabaring tempat diadakannya SEA Games 2011

Gelora Sriwijaya
Stadion Gelora Sriwijaya (juga disebut Stadion Jakabaring) adalah stadion multifungsi terbesar ketiga di Indonesia setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Utama Palaran. Berlokasi di Palembang, Indonesia, stadion ini juga diakui sebagai salah satu stadion terbaik yang bertaraf internasional.[butuh rujukan] Kebanyakan, stadion ini difungsikan untuk tempat penyelenggaraan pertandingan-pertandingan sepak bola. Stadion dengan luas lahan sekitar 40 hektar ini dapat memuat hingga 36.000 - 40.000 orang dengan 4 tribun (A, B, C dan D) bertingkat mengelilingi lapangan. Tribun utama di sisi barat dan timur (A dan B) dilindungi atap yang ditopang 2 pelengkung (arch) baja berukuran raksasa. Bentuk atap stadion merupakan simbol kejayaan kemaharajaan Sriwijaya di bidang maritim yang dilambangkan oleh bentuk perahu dengan layar terkembang. Stadion ini beralamat di Jalan Gubernur H. A. Bastari, Jakabaring, Palembang. (Wikipedia)

Setelah beberapa lama di Jakabaring, dilanjutkan kembali ke icon Kota Palembang yaitu Jembatan Ampera.

Sejarah Ampera

Ide untuk menyatukan dua daratan di Kota Palembang ”Seberang Ulu dan Seberang Ilir” dengan jembatan, sebetulnya sudah ada sejak zaman Gemeente Palembang, tahun 1906. Saat jabatan Walikota Palembang dijabat Le Cocq de Ville, tahun 1924, ide ini kembali mencuat dan dilakukan banyak usaha untuk merealisasikannya. Namun, sampai masa jabatan Le Cocq berakhir, bahkan ketika Belanda hengkang dari Indonesia, proyek itu tidak pernah terealisasi.
Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi di (wikipedia)

Cukup lama di Ampera, saya bertemu kembali dengan teman-teman kuliah. dan kembali mengambil moment-moment bersama mereka sebelum kembali ke Bangka esok harinya, karena malam itu malam terakhir kami di Kota Palembang.

H3
Masih sempat juga jalan-jalan, cari oleh-oleh untuk pulang, jam 14.30 WIB udah di bandara. setelah menunggu selama beberapa jam, pesawat tujuan Pangkalpinang akhirnya tiba juga. Kami segera naik pesawat. Dan bersiap-siap kembali ke kehidupan sebenarnya. :D