Belinyu dari sisi Utara



Potret Penyusuk Foto @Arie
Pada saat itu, kami berencana berangkat pada tanggal 8 Desember 2013, akan tetapi saya pergi lebih dulu dari teman-teman, karena sekalian mengunjungi nenek disana. Saya berangkat hari sabtu, dan teman-teman saya menyusul pada hri minggu nya. Tapi sayang sekali, cuacanya kurang mendukung, karena dari sabtu sore saya berangkat sampe minggu siang, belinyu terus diguyur hujan. tetapi tidak mengurangi keseruan kami.
Setelah bertemu teman perjalanan langsung dilanjutkan menuju sisi utara belinyu, yaitu Pantai Penyusuk. Pantai ini cukup terkenal bagi masyarakat Bangka Belitung dan wisatawan dari luar daerah. Dengan ditemani hujan gerimis kami berangkat menuju penyusuk. sambil mencari-cari keperluan disepanjanh perjalanan untuk keperluan bakar-bakar disana.


Sesampainya di penyusuk, kami segera membangun tenda untuk melindungi dari hujan. setelah itu barang-barang dikeluarkan. Dan mulai dengan kesibukan, para ibu-ibu membersihkan ikan yang akan dibakar, dan bapak-bapak berusaha untuk menghidupkan api ditengah hujan lebat :D . Ikan sudah selesai dicuci dan api pun tak kunjung hidup, butuh perjuangan keras untuk menghidupkan api ditengah hujan. #hahaha
Ulang Tahun sesepuh, Foto @wahid
Dan akhirnya api pun hidup juga dengan asap yang membuat mata berbinar-binar. Tiba-tiba ada yang bernyanyi "Selamat ulang tahun, kami ucapkan....." ternyata itu kejutan untuk sesepuh yang ulang tahunnya udah lewat beberapa hari :D. "Happy Birthday, semoga dan semoga....". Gak jadi tu bakar ikannya, makan kue aja yg udah ada, tapi kue udah abis, kenyang pun belum sampai, dan dilanjutkan kembali dengan bakar-bakar yang tertunda tadi. Kami bergiliran mengipas api agar apo terus hidup, maklum api ditengah hujan :D. satu persatu ikan dan ayam mulai matang, dan siap untuk disantap. Yo, mari makan. Enak gak enak kalo lapar pun pasti enak, dan yang penting itu kebersamaan kita.


Makan udah selesai, ngapain ya.... ? Dan mereka pun memutuskan untuk mandi pantai, yahh, seru banget yak, sayang sekali ane nggak punya pakaian lagi, cuma tersisa pakaian yang nempel dibadan, kalo saya mandi, saya pulang dengan basah, jadi saya nggak ikutan mandi. Mandi selesai, dan bersiap untuk putar arah, kami pun kembali, dan menyempatkan datang ke pantai romodong untuk mengambil beberapa foto bersama.


Potret Batu Dinding @arieokta17
Setelah berfoto perjalanan dilanjutkan kembali menuju ke arah Pelabuhan belinyu, tepatnya Daerah Batu Dinding, Tempat yang hijau, dan terdapat batu-batuan besar tersebar hingga bibir pantai. Ketika sampai di pantai ini, kita akan bertemu penjaga pantai yang mungkin usianya sudah cukup tua, akan tetapi beliau senang bercanda, mungkin candaannya agak kurang mengenakkan, jangan pernah diambil hati, karena seperti itulah karakter beliau yang menjaga dan merawat kawasan Batu Dinding hingga terlihat indah seperti gambar berikut ini :)

Untuk mengunjungi pantai-pantai diatas, mulai dari Pantai Penyusuk, Pantai Romodong, Batu Dinding dan banyak lagi pantai lainnya, teman-teman bisa menyewa mobil, agar lebih leluasa mengunjungi pantai-pantai yang berada di daerah Belinyu. Karena jika menggunakan motor, jaraknya lumayan jauh dan melelahkan. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
//